Pengacara Harap Bharada E Bisa Bebas Usai Jadi JC, LPSK Bilang Begini

Pengacara Harap Bharada E Bisa Bebas Usai Jadi JC, LPSK Bilang Begini

Jakarta, Indonesiakanal – Pengacara Bharada E, Ronny Talapessy, berharap kliennya bisa dibebaskan setelah menjadi justice collaborator (JC). LPSK menyerahkan seluruh proses ke penegak hukum sebab tak bisa ikut campur terhadap substansi hukumnya.
“Kita serahkan kepada proses hukum. Kita tidak ikut pada substansi proses hukumnya,” papar Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi saat ditemui di Kantor LPSK, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (16/8/3022).

Baca juga: Vonis Habib Bahar bin Smith yang Hanya 10 Persen dari Tuntutan

Edwin mengatakan posisi Bharada E saat ini sebagai tersangka pembunuhan berencana atas tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. LPSK menyerahkan seluruh putusan hukuman kepada hakim dalam persidangan.

“Sekarang dia posisinya sebagai tersangka, sedang proses penyidikan. Artinya, ketika ada persidangan menjadi terdakwa dan hakim yang menentukan bebas atau bersalahnya,” ungkap Edwin.

Sebelumnya, pengacara Bharada Richard Eliezer (RE atau E), Ronny Talapessy, mengapresiasi kliennya yang telah dijadikan justice collaborator (JC) oleh LPSK di kasus tewasnya Brigadir J. Ronny berharap Bharada E bisa bebas.

Baca Juga : Pengacara Sebut 4 Rekening Brigadir J Dicuri Irjen Ferdy Sambo

“Kami apresiasi dari LPSK, hari ini kami ikuti press conference yang disampaikan LPSK, LPSK menyampaikan bahwa tidak ada niat, mens rea dari klien kami Bharada RE. Menurut saya, ini adalah jalan menuju keadilan semakin terbuka untuk klien kami, kami berharap ini akan jadi poin yang bagus hingga pembelaan ke depan kami harap Bharada RE bisa bebas,” kata Ronny di gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/8).

Baca juga: Irjen Ferdy Sambo Dihantui Kasus Baru

Ronny menyebut Bharada E tengah dalam kondisi sehat dan minta dukungan masyarakat. Dia juga mengatakan kliennya masih melanjutkan berita acara pemeriksaan (BAP).

“Kondisinya sehat, buat publik kondisinya sehat, butuh dukungan dari rekan-rekan publik, rekan-rekan wartawan untuk mengawal ini, dan untuk ke publik tak usah khawatir Bharada RE sehat ini akan melanjutkan lagi BAP tambahan kami mohon dukungannya,” ujarnya.

Komentar ditutup.