Presiden Joko Widodo Kukuhkan Paskibraka 17 Agustus di Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo Kukuhkan Paskibraka 17 Agustus di Istana Merdeka

Jakarta, Indonesiakanal – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat sore ini Senin 15 Agustus 2022. Pasukan ini sebelumnya telah menggelar geladi bersih pada harinya untuk mengibarkan bendera merah putih.

Sebelum dikukuhkan, Paskibraka diminta membacakan ikrar putra Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Indonesia, Yudian Wahyudi. Mewakili Paskibra lainnya, anggota Paskibraka dari DKI Jakarta Savina Fasha menjadi sosok yang memegang dan mencium bendera.

Usai membaca ikrar tersebut, Jokowi memimpin pengukuhan Paskibra. Ia juga menyematkan lencana sebagai tanda pengukuhan. 

“Saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2022,”ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin, 15 Agustus 2022. 

Baca Juga : Bersarung Tangan, Ferdy Sambo Sempat Jatuhkan Pistol Yoshua

Seperti tahun lalu jumlah pengibar bendera lengkap sebanyak 68 orang dan merupakan siswa-siswi dari seluruh Indonesia. Mereka nantinya bakal mengibarkan bendera dengan formasi 17-8-45.

Untuk upacara 17 Agustus tahun ini, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menerangkan Istana Kepresidenan bakal menyediakan 2.000 undangan untuk masyarakat umum menyaksikan pengibaran bendera. Lalu pada sore harinya bakal ada 3.000 undangan untuk masyarakat umum untuk menyaksikan penurunan bendera. 

Namun, Heru menyebut undangan itu sudah habis tersebar saat pembukaan upacara baru dilakukan pada awal bulan Agustus 2022. 

Untuk masyarakat yang tidak kebagian undangan, Heru menyebut upacara 17 Agustus tetap bisa disaksikan melalui tayangan virtual. Adapun rangkaian acara pengibaran bendera bakal diawali dengan hiburan untuk masyarakat pada pukul 08.00 pagi. 

Baca juga: Ketika Bharada E Terseret Skenario Usai Ricky Tolak Perintah Bos Jenderal

“Akan ada rangkaian membawa Bendera Pusaka dari Monas menuju Istana, nanti juga ditambahkan beberapa masyarakat atau beberapa kegiatan ini yang akan dikordinir oleh Pak Kasgartap dan semoga bisa menjadi tambahan untuk memeriahkan acara ini,” kata Heru. 

Upacara pengibaran bendera baru mulai dilaksanakan pada pukul 09.45 WIB. Upacara ini bakal disaksikan oleh para pejabat setingkat menteri. Sementara untuk pejabat setingkat Eselon 1, Heru menyebut mereka bakal menyaksikan upacara secara virtual.