Taiwan Tuduh China Menembak Rudal ke Wilayahnya

Taiwan Tuduh China Menembak Rudal ke Wilayahnya

Taipei- Kementerian Pertahanan Taiwan menuduh pasukan militer Cina menembakkan sebagian rudal balistik ke perairan di dekat wilayahnya dalam latihan besar- besaran pada Kamis( 4/ 8) waktu setempat.

” Departemen Pertahanan Nasional melaporkan kalau Partai Komunis Cina menembakkan sebagian rudal balistik tipe Dongfeng ke perairan di sebelah timur laut serta barat energi Taiwan jam 13. 56 sore waktu setempat,” sebut Departemen Pertahanan Taiwan dalam pernyataannya semacam dikutip AFP, Kamis( 4/ 8/ 2022).

Dalam pernyataannya, Departemen Pertahanan Taiwan mengancam aksi militer Cina itu selaku aksi tidak rasional yang mengganggu perdamaian regional.

Statment Taiwan itu dirilis sehabis laporan AFP lebih dahulu menyebut beberapa jurnalisnya yang terdapat di pulau perbatasan Pingtan melihat langsung beberapa proyektil mengudara di angkasa diiringi oleh kepulan asap putih serta suara ledakan keras dekat jam 13. 13 waktu setempat.

AFP tidak dalam posisi buat mengenali proyektil itu, yang bagi para jurnalis AFP, ditembakkan dari dekat instalasi militer terdekat. Tidak dikenal pula sasaran pas dari proyektil itu.

Dalam statment terpisah, Komando Zona Timur pada Tentara Pembebasan Rakyat( PLA), nama formal militer Cina melaporkan sudah melancarkan serbuan presisi, yang mengaitkan tembakan amunisi tajam jarak jauh, ke bagian timur Selat Taiwan selaku bagian dari latihan yang direncanakan.

” Serbuan presisi dilancarkan di area- area khusus di bagian timur Selat Taiwan serta hasil yang diharapkan tercapai,” demikian statment Komando Zona Timur pada militer Cina semacam dikutip AFP.

Disebutkan pula oleh militer Cina kalau latihan itu mengaitkan Angkatan Laut, Angkatan Hawa serta departemen- departemen yang lain. Latihan militer besar- besaran Cina ini rencananya hendak diselenggarakan sampai Pekan( 7/ 8) mendatang.

Sedangkan laporan media pemerintah Cina, Kamera pengaman, menyebut latihan militer besar- besaran yang diawali jam 12. 00 waktu setempat itu mengaitkan tembakan langsung itu diselenggarakan di sedikitnya 6 zona utama di perairan dekat Taiwan.

” 6 zona utama di dekat pulau itu sudah diseleksi buat latihan tempur yang sesungguhnya ini serta sepanjang periode ini, kapal serta pesawat yang bersangkutan tidak sepatutnya merambah perairan serta daerah hawa terpaut,” demikian laporan tv pemerintah Cina, Kamera pengaman